10/1/08

Mata Kita Digunakan Untuk Apa?

You're just too good to be true.
Can't take my eyes off you.
You'd be like Heaven to touch.
I wanna hold you so much.
At long last love has arrived.
And I thank God I'm alive.
You're just too good to be true.
Can't take my eyes off you.

Dilihat dari lirik lagu di atas yang sudah tidak asing lagi buat kita, ternyata dengan menggunakan mata untuk melihat--sang penulis lagu tersebut bisa mendeskripsikan perasaan yang muncul yaitu jadi terkagum, jadi ingin memegang, dan juga bersyukur kepada Tuhan karena masih diberi kehidupan..


Sebenarnya apa itu Mata??

Mata adalah salah satu organ tubuh yang sudah dianugerahkan oleh Tuhan sejak manusia lahir terutama untuk manusia yang juga dianugerahkan kemampuan untuk bisa melihat.. Walaupun mata adalah organ tubuh manusia yang lumayan kecil jika dibandingkan dengan ukuran jantung, kepala, tangan, dan lainnya. Namun mata memiliki kemampuan yang menakjubkan, yaitu mendeteksi cahaya-mengetahui apakah lingkungan sekitarnya adalah terang atau gelap. Mata yang lebih kompleks biasanya dipergunakan untuk memberikan pengertian visual di sekeliling kita, dan masih banyak lagi kemampuan lainnya. Walaupun demikian bukan berarti mata adalah organ tubuh yang paling hebat, semua organ tubuh kita memiliki kemampuan yang berbeda-beda, unik, dan saling terhubung satu sama lain karena semuanya adalah satu kesatuan di dalam tubuh manusia yang harus saling berkerja sama.


Biasanya apa seh yang kita lakukan dengan mata kita..
Dengan mata kita bisa menikmati segala ciptaan Tuhan yang indah, menonton acara televisi atau film yang disukai, memperhatikan pembicaraan atau komunikasi yang berlangsung, mengenali seseornag ataupun obyek yang ada, membaca buku; koran; majalah kesukaan kita, mengekspresikan perasaan kita, melihat indahnya warna-warni, memandang orang yang kita sayangi, dan masih banyak lagi hal-hal baik lainnya yang bisa dilakukan. Namun tidak menutup kemungkinan, kita juga sering menggunakan mata kita untuk melotot, mencontek karya orang lain, menunjukkan keadaan marah atau kesal, membohongi orang lain, menonton dan menikmati hal-hal yang tidak baik, menjadi cemburu atau iri hati karena melihat kejadian atau keadaan tertentu, dan masih banyak lagi hal-hal berdosa yang bisa dilakukan dengan mata kita.

Ada juga pepatah yang mengatakan Mata adalah Jendela Hati..
Yap, memang betul
melalui mata kita bisa mengekspresikan perasaan di dalam hati serta mengetahui perasaan orang lain, meskipun tanpa kata-kata yang diucapkan namun kita jadi bisa mengetahui keadaannya. Karena melalui mata bisa ditunjukkan perasaan senang, marah, sedih, kecewa, bangga, kagum, etc..

Menurut penelitian, mata manusia bisa membedakan 7 juta warna yang ada, namun karena keterbatasan bahasa atau kata-kata sehingga nama-nama warna yang diciptakan manusia tidak bisa memenuhi semua warna yang ada. Mungkin kita akan menganggap 7 juta warna adalah suatu hal yang tidak mungkin atau aneh tapi contoh mudahnya adalah--kalau kita melihat warna merah pada buah apel, cherry, tomat, leci, etc. Apakah warna merah pada buah-buah tersebut sama semua,tidak kan??namun mata kita dengan mudahnya bisa membedakan merah yang berbeda-beda tersebut. Oleh karena keterbatasan kata untuk warna-warna yang ada, sehingga warna buah tersebut kita sebut dengan satu warna yaitu merah. Kalau dipikir ulang mengenai penelitian di atas, begitu besar dan indah kemampuan mata manusia. Semua kemampuan itu adalah gratis dan sudah dianugerahkan oleh Tuhan Sang Pencipta kita sejak bisa melihat, karena itu adalah salah satu contoh kecil dari banyaknya kemampuan lain yang bisa dilakukan oleh mata kita. Seharusnya kita benar-benar bersyukur akan segala anugerahNya.


Namun pernahkah kita terpikir apa saja yang telah dilakukan oleh mata kita, apakah senantiasa memuliakan Tuhan sebagai Sang Pencipta dan pemberi segala kemampuan untuk kita atau apakah justru sering kita gunakan segala kemampuan yang dianugerahkan untuk membuatNya sedih??
Respon kita sebagai manusia yang menyadari sudah diberi anugerah begitu besar seharusnya bisa jadi berbeda, kita justru harus bisa menikmati dan memuliakan Tuhan melalui segala anugerahNya termasuk melalui mata kita. Sehingga kiranya kita harus menggunakan mata kita untuk senantiasa memuliakan Tuhan Sang Pencipta, seperti beberapa contohnya adalah:

Ketika kita bisa menikmati pemandangan alam yang indah, apakah kita bisa langsung terkagum karena Tuhan begitu hebat dan perkasa dalam menciptakan itu semua dan juga bersyukur karena sudah diberi anugerah melalui mata yang berkemampuan untuk melihat, menikmati pemandangan alam, bisa mengenali warnanya, bisa mengenali bentuknya, etc.


Ketika kita melihat orang yang sedang kesusahan, kesulitan, membutuhkan pertolongan, seharusnya kita jadi bisa langsung bergerak menuju orang tersebut untuk menolongnya dengan tulus.


Ketika kita melihat manusia yang indah dan menarik, apakah kita justru menjadi iri hati ataupun penuh hawa nafsu dengan menginginkan keindahan itu, justru sebaliknya ketika melihat hal seperti itu, yang harus dilakukan adalah kita bersyukur dan kagum kepada Tuhan karena begitu hebatnya bisa menciptakan manusia yang indah dan kita juga masih diberi anugerah juga untuk bisa menikmatinya.


Silahkan menambah sendiri daftar di atas, karena masih banyak lagi hal-hal baik lainnya yang bisa dilakukan oleh mata kita untuk memuliakan Tuhan. Jadi jangan pernah sia-siakan semua anugerah yang sudah diberikan oleh Tuhan untuk hal-hal baik yang sebenarnya mudah dilakukan oleh kita semua..


Hati-hati gunakan matamu
.
Hati-hati gunakan matamu
.
Karena Bapak di Surga melihat ke bawah.
Hati-hati gunakan matamu
.

3 comments:

philosophia said...

dari mata kita yang dianugerahkan untuk bisa melihat,

kemudian otak kita mengolah pesan yamg diterima mata,

(ditambah hati nurani kita)

kemudian tergeraklah tangan dan segenap anggota tubuh kita untuk membantu yang kurang, menopang yang lemah, menghibur yang susah.

mata, otak, kaki, tangan, dan semuanya jadi satu kesatuan paket anugerah yang luar biasa dari Tuhan, salute!!

semua kembali lagi kepada kita, mau kita arahkan kemana semua anugerah itu????

penulis blog ini sudah menunjukkan salah satu contohnya =)

ladyofsuwana said...

Yap semuanya yang sudah diberikan Tuhan kepada kita adalah paket anugerah yang luar biasa dan sangat special..
Semoga banyak orang bisa terus bersyukur dan berespon yang benar kepada sang pemberi segaalanya yaitu Tuhan ^_^

Pemberi comment juga bisa memberikan contoh lainnya untuk mengarahkan mata kita untuk dikembalikan kepada kemuliaan Tuhan..

Jadi tidak hanya comment tapi ditunggu karyanya,tes karunia sudah menunjukkan--kapan mau dicoba?/:)

bahtiar@gmail.com said...

mata lahiriah boleh meredup, tapi mata batin tetaplah terus diasah